Sabtu, 06 Juli 2019

Model Kit Review : RV Aircraft Mirage IIIC Skala 1/72

Hello modeller... Pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang satu produk model kit pesawat yang sangat detail namun simpel dari Republik Ceko, RV Aircraft Mirage IIIC skala 1/72. Sebagai pengenalan, berikut ini adalah box art-nya yang cukup artistik.

Box art RV Aircraft Mirage IIIC No.72048 yang pertama kali dirilis pada tahun 2015.

Sebelum memasuki periode tahun 2000an, produk model kit keluarga Mirage III skala 1/72 yang beredar di dunia sebenarnya lumayan banyak, dimana para modeller bisa memilih untuk mengakuisisi produk Airfix, Frog, High Planes Models, PM Model, Revell, Matchbox, Lindbergh, atau Heller. Namun produk-produk model kit Mirage III tersebut jelas kurang representatif dan kurang detail jika dilihat pada masa kini. 

Pertengahan tahun 2001, barulah muncul produk Mirage IIIC skala 1/72 dengan bentuk dan detail yang lebih representatif dari pabrikan AML asal Perancis. Namun pabrikan High Planes Models (HPM) asal Australia juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan produk new tooling dari keluarga Mirage III pada tahun 2011, yang kemudian di-rebox oleh PJ Productions asal Belgia. Kemudian pada tahun 2015, giliran RV Aircraft merilis produk Mirage IIIC yang lebih simpel namun sangat detail dan juga representatif. Kit ini memang tergolong simpel karena hanya terdiri dari dua set sprue plastik (injection moulded), satu set clear parts (canopy), tambahan tail cones dan ejection seat dari bahan resin, serta satu lembar decal untuk enam opsi livery dari tiga angkatan udara (Swiss, Afrika Selatan, dan Perancis). Varian C merupakan produk pertama keluarga Mirage III yang dirilis RV Aircraft.

Set pertama dari plastic sprue model kit RV Aircraft Mirage IIIC skala 1/72. Produksinya sudah menggunakan teknologi injection moulded. Namun kualitas plastiknya masih terlihat khas produk Eropa Timur dan masih berada di bawah kualitas plastik model kit asal Jepang, Korea Selatan, atau Cina.

Set kedua dari plastic sprue model kit RV Aircraft Mirage IIIC skala 1/72. Terlihat bahwa pihak RV Aircraft sudah mempersiapkan beberapa parts opsional untuk merilis varian Mirage IIIE pada fase produksi berikutnya, yang kemudian berhasil direalisasikan pada tahun 2016.

Clear canopy untuk varian Mirage IIIC. Bentuknya sangat representatif dan mulus tanpa distorsi.

Waterslide decal untuk model kit Mirage IIIC yang dibuat sendiri oleh RV Aircraft. Kualitasnya tidak kalah dari produk Cartograf. Opsinya adalah livery untuk South African Air Force (AU Afrika Selatan), Schweizer Luftwaffe (AU Swiss), dan Armee de I'Air (AU Perancis).

Model kit RV Aircraft Mirage-IIIC ini sepertinya dibuat dengan jumlah produksi skala kecil (limited production) sehingga harganya tergolong relatif mahal. Namun rata-rata masih lebih murah dibandingkan produk sejenis buatan HPM yang di-rebox PJ Productions dengan penambahan detailing parts produksi sendiri. Sedangkan pihak AML lebih memilih untuk me-rebox produk Mirage-IIIC dari RV Aircraft. Terakhir, pabrikan Modelsvit asal Ukraina sudah merilis varian Mirage IIIE skala 1/72 new tooling pada tahun 2018 untuk meramaikan persaingan. Mungkin varian Mirage IIIC-nya pun akan dirilis tidak lama lagi. Sayangnya lagi-lagi Modelsvit merilisnya dalam jumlah terbatas (limited edition aka short run kit) yang berefek pada harga jual yang relatif mahal.

Petunjuk pengecatan dan pemasangan decal untuk livery dari AU Swiss dan AU Afrika Selatan. Untuk opsi livery AU Afrika Selatan tersedia dalam dua versi, silver dan loreng gurun.

Petunjuk pengecatan dan pemasangan decal untuk livery dari AU Perancis yang diberikan untuk tiga opsi, low visibility, loreng gurun, dan silver.

Keunggulan dari kit Mirage IIIC lansiran RV Aircraft selain opsi decal, surface detail yang yahud, serta bentuk yang sangat representatif adalah adanya komponen resin untuk tail cones serta kursi lontar (ejection seat) Martin Baker Mk.4. Sayangnya kit ini karena terlalu simpel jadi melupakan komponen persenjataan maupun varian drop tanks yang umumnya dibawa keluarga Dassault Aviation Mirage III. Kit ini jika sudah jadi hanya akan membawa sepasang drop tanks kapasitas 500 liter!!!

Bagian sayap vertikal RV Aircraft Mirage IIIC dengan detail rivet yang sangat crisp untuk ukuran skala 1/72. Seperti produk-produk model kit masa kini, surface panel line dari kit ini sudah mengadopsi model engraved panel lines.

Detail bagian bawah sayap delta RV Aircraft Mirage IIIC skala 1/72 yang sangat oke. Sayangnya pabrikan RV Aircraft terbilang pelit untuk urusan payload yang bisa dibawa, karena opsi cantelan pada sayap hanya untuk sepasang drop tanks kapasitas 500 liter saja. RV Aircraft tidak menyediakan komponen rudal, tabung roket, maupun bom untuk kit ini. Hal tersebut menjadi salah satu nilai minus dari kit ini.

Komponen fuselage utama yang sangat detail. Namun akan jadi masalah jika fitting-nya tidak presisi, karena proses pendempulan dan pengamplasan sambungan antar-parts bisa menghilangkan garis-garis panel yang  sangat detail ini.

Belum banyak modeller dunia yang menampilkan review dari hasil akhir perakitan kit ini (finished model), termasuk penulis sendiri yang masih menyimpan beberapa kit keluarga RV Aircraft Mirage III di lemari. Agar lebih jauh mengenal karakteristik dari kit ini, anda bisa melihatnya langsung dari video review Dusan Lekic (Scale Model Aircraft) pada link Youtube di bawah ini... Happy modelling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar