Minggu, 07 Juli 2019

Model Kit Review : Valom RF-101C Voodoo Skala 1/72

McDonnell F-101 Voodoo merupakan salah satu dari Century Series Aircraft dekade tahun 50an yang menjadi andalan AU Amerika Serikat (USAF). Pesawat tempur kelas berat ini dibuat dalam beberapa varian, dimana salah satunya adalah versi pengintai RF-101C yang dikembangkan dari varian pemburu single seater F-101C. Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang model kit RF-101C berskala 1/72 produksi Valom dari Republik Ceko yang dirilis pertama kali tahun 2015.

Box art dari model kit Valom RF-101C Voodoo No.72093 dengan skala 1/72.

Membicarakan soal model kit keluarga F-101 Voodoo skala 1/72, pilihan yang tersedia bisa dibilang sangat terbatas. Pabrikan Hasegawa asal Jepang menjadi yang pertama merilis kit RF-101C pada tahun 1969, diikuti oleh Matchbox (Amerika Serikat) yang merilis kit F-101F double seater pada tahun 1980. Dari kit Matchbox F-101F, modeller juga disediakan pilihan untuk membuat varian RF-101B atau CF-101B. Pada tahun 1991, Revell AG asal Jerman merilis varian awak ganda F-101B yang sangat excellent. Kit ini masih yang terbaik untuk Voodoo varian double seater skala 1/72, serta di-rebox juga oleh ACE Hobby Kit. Terakhir, Valom asal Republik Ceko kemudian merilis varian single seater F-101C untuk pertama kalinya pada tahun 2015. 

Produk model kit untuk varian tempur single seater F-101A/C Voodoo untuk saat ini bisa dibilang tidak ada saingannya, karena hanya Valom yang merilisnya. Sayangnya produk ini termasuk short run kit dengan skala produksi yang terbatas (limited edition), sehingga berdampak pada harganya yang masuk kategori mahal. Namun pihak Valom memberikan feedback yang cukup interest pada kit ini, karena dalam satu set sprue-nya disediakan parts untuk membuat varian penempur (fighter) maupun pengintai (recce). Karena itu tidak lama setelah merilis varian F-101C (No.72095), Valom merilis varian RF-101C (No.72093).

Rangkaian plastik (sprue) pertama dari kit RF-101C skala 1/72 buatan Valom. Dalam satu set sudah disediakan parts opsional untuk modeller yang ingin membuat varian single seat F-101A/C, meski untuk itu harus membeli decal aftermarket karena decal sheet untuk kit ini (No72093) hanya tersedia untuk RF-101C USAF era Perang Vietnam.

Rangkaian plastik kedua dimana terdapat komponen sayap utama bagian atas, kokpit, dan sepasang drop tanks. Valom tidak menyediakan komponen persenjataan untuk kit keluarga Voodoo-nya. Varian RF-101C sendiri aslinya memang tidak dilengkapi persenjataan rudal, roket, maupun bom.

Komponen fuselage tengah bagian bawah yang menyatu dengan sayap utama bagian bawah, dicetak tunggal dengan teknologi injection moulded. Kit Valom RF-101C ini termasuk simpel namun mempunyai detail yang bagus (engraved panel line) dan bentuk yang lebih representatif jika dibandingkan dengan kit Hasegawa RF-101C yang jauh lebih tua dan masih beraliran rise panel line.

Decal sheet untuk kit Valom RF-101C No.72093. Hanya disediakan dua pilihan untuk membuat RF-101C The Polka Dots atau Gerry's Clown. Keduanya merupakan RF-101C dari kesatuan 45th TRS/460th TRW USAF yang bertugas dalam Perang Vietnam dan mempunyai tampilan South East Asia Camouflage (SEA Camo). Kualitas cetakan decal dari kit ini juga sangat bagus dan representatif.

Feedback lainnya adalah disediakannya satu set photoeteched beserta komponen resin untuk menambah detail. Karena itu meski tergolong simpel dari segi jumlah parts, tapi kit ini sepertinya bukan untuk pemula. Selain itu belum banyak modeller yang melakukan review, mulai dari proses perakitan model ini hingga selesai (finished model), sehingga untuk kualitas fitting dan akurasinya belum terlalu banyak dibahas.

Komponen resin untuk exhaust nozzle, wheels, dan air intake. Selain itu disediakan juga satu set photoeteched dan satu set clear parts yang berisi dua set canopy untuk versi tertutup dan versi terbuka.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat video review dari kit Valom RF-101C skala 1/72 ini pada channel Youtube yang dibuat oleh Dusan Lekic dari Scale Model Aircraft. Semoga menjadi semangat untuk membuat model kit ini, karena masih tergolong belum banyak dibuat oleh para modeller... Happy modelling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar